Lakukan Jasa Service AC Secara Efektif dan Efisien

Panasnya terik matahari terkadang sampai terasa kedalam ruangan. Cuaca panas memang sudah menjadi sahabat bagi sebagain masyarakat Indonesia, mengingat negara kita ini merupaka negara yang memiliki iklim tropis. Salah satu alat yang mampu menghilangkan rasa panas khususnya di luar ruangan adalah AC (Air Conditioner). Seperti halnya barang elektronik kebanyakan, jika AC digunakan secara terus menerus tanpa adanya perawatan, maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada komponen mesin pendingin yang satu ini.

Meskipun terdapat kipas angin yang juga memiliki fungsi seperti AC, namun AC memiliki fitur yang lebih banyak dari pada kipas angin, sehingga keberadaan AC lebih unggul jika dibandingkan dengan kipas angin. Akan tetapi, dengan kelebihan tersebut AC juga memerlukan perawatan ekstra agar tetap terjaga kedinginannya. Karena dikhawatirkan jika AC digunakan sepanjang hari, maka besar kemungkinan resiko kerusakannya pun akan lebih besar.

Baik AC yang diletakkan di dalam ruangan ataupun di dalam ruangan, akan mengalami kerusakan jika tidak dilakukan perawatan secara intens. Salah satu kerusakan yang biasa dialami ialah AC tidak dapat mengeluarkan suhu dingin guna mendinginkan suhu ruangan, atau bahkan kerusakan yang lebih parah dapat terjadi dengan tidak menyalanya AC. Berikut ini terdapat langkah tepat service AC secara efektif dan efisien.

1. Membersihkan Komponen AC yang Kotor
Jika komponen evaporator indoor ataupun kondesor outdoor yang terdapat dalam AC memiliki banyak kotoran hasil dari menyaring udara sekitar, ini menandakan saatnya Anda melakukan service AC. Jika Anda ingin membersihkan komponen AC tersebut, copotlah beberapa bagian AC yang boleh terkena air, cuci lah menggunakan air deterjen. Setelah dicuci, keringkan komponen-komponen tersebut kemudian pasang kembali komponen tersebut ke tempatnya seperti semula.

2. Isi Freon
Jika Anda sudah membersihkan bagian komponen dalam AC, namun AC tetap tidak memberikan suhu dingin yang maksimal maka service AC yang dapat Anda lakukan berikutnya ialah mengisi gas freon yang terdapat dalam AC. Isilah gas freon sampai dengan kapasitas full, yakni sekitar 80-90 PSI.

3. Mengecek dan Memperbaiki Kebocoran pada Pipa AC
Pengecekan pipa Ac dilakukan pada bagian indoor maupun outdoor, periksalah apakah terjadi kebocoran pada pipa AC atau tidak. Cara mengecek kebocoran ini dapat dilakukan dengan mengoleskan busa pada bagian pipa yang diperiksa, apabila terdapat gelembung maka besar kemungkinan terjadi kebocoran pada pipa. Anda dapat menangani pipa AC yang bocor ini dengan cara mencopotnya secara perlahan, kemudian lakukan las pada permukaan pipa yang bocor.

4. Cek serta Ubah Mode pada Remote Controll
Anda harus memastikan bahwa mode pada remote controll AC berada pada simbol bintang atau coll yang artinya berfungsi untuk menggerakkan fan dan freon sehingga udara yang ada di sekitar menjadi dingin. Usahakan mode remote conroll tidak ada pada mode dry, yang artinya Anda hanya menyalakan freonnya saja. Jasa Service AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *